Selasa, 18 Januari 2011

Wanita Bagai Tulang Rusuk yang bengkok,tapi ia adalah sutra lembut...(Bagian 1)

 Duhai para saudara yang kian berbinar ketika cahaya islam benderang dalam hatinya.Dan untuk kalian saudaraku, yang telah di jaga oleh ALLAH dengan segenap unsur cinta.
 Ketika kita membahas sosok wanita, maka sudah pasti pikiran kita segera tertuju pada ke-khasan fisiknya maupun kelembutan perasaanya. Selama ini sosok wanita memang selalu identik sebagai sosok yang lemah lembut dan cengeng, dan terkadang dianggap sebagai manusia nomor dua. Pendapat tersebut di dasari oleh pengamatan yang sesuai akan realita, bahwa  wanita cenderung menggunakan kelembutan perasaannya dalam bersikap maupun dalam menilai sesuatu.
 Tetapi sadarilah wahai sahabat, bahwa di balik kelembutan seorang wanita ternyata ada kekuatan yang luar biasa,yang dahsyat. Ada sebuah power sebagai kelebihan yang terselip pada aspek-aspek kelembutannya tersebut. Bahkan seorang laki-laki yang kuat sekalipun, tidak menjamin untuk mampu menandinginya.
       
      Lalu dengan kekurangan akal??
 Ya, inilah pertanyaan yang kerap kali di hadirkan dalam diskusi-diskusi keagamaan yang membahas tentang wanita maupun ketika seseorang berupaya membanding-bandingkan antara kaum wanita dan laki-laki. Pertanyaan ini juga bisa di jadikan senjata oleh para kaum lelaki untuk bisa mendiskriminasikan seorang wanita.
 Pada kenyataannya, bahwasanya ALLAH Subhanahhu Wata'ala, memang melebihkan kemampuan akal pada kaum laki2, dibandingkan dengan kaum wanita.Seperti yang telah di jelaskan dalam berbagai hadist. Akan tetapi, bukan ALLAH kalau Dia tidak Maha Adil. Pada kelebihan dan kekurangan masing-masing, sesungguhnya ada kesetaraan yang indah dan apabila kita pandang dalam sudut yang positif, maka kita akan menemukan kelebihan dan kekurangan itu sebagai jalan untuk saling melengkapi dan saling mengisi. Maha Suci ALLAH, sesungguhnya pasti ada hikmah dan tujuan di balik rahasia penciptaan-Nya.


       "Dan janganlah kalian merasa iri terhadap apa yang telah di karuniakan ALLAH kepada sebagian diantara kalian atas sebagian yang lain.Bagi para laki-laki terdapat yang mereka kerjakan, dan bagi para wanitapun terdapat bagian dari apa yang mereka usahakan. Dan mohonlah kepada ALLAH sebagian dari Karunia-Nya. Sesungguhnya ALLAH Maha Mengetahui segala sesuatu.'(QS. An-Nisa' : 32)


   Kaum wanita dibekali sesuatu yang lebih dari pada kaum lelaki. Yaitu tentang kelembutan, sifat penyayang, cepat terpengaruh, dan segera memenuhi prmintaan anak tanpa banyak mempertimbangkan ini dan itu. Sedangkan kaum lelaki akan lebih cepat mengambil sikap, lebih tegas dan cenderung menggunakan logika dalam menilai atau menyikapi suatu  masalah. Sesungguhnya, diantara lelaki dan wanita, telah diseimbangkan kemampuan dan kelebihannya masing-masing.
   
    Ada beberapa hadist yang kerapkali di jadikan busur panah bagi kaum lelaki untuk membidik wanita perihal ketidaksempurnaannya.

        Abu Hurairah Radi'yallahhu 'Anhu berkata:Rasulullah Muhammas Salallahhu 'alaihi wasallam bersabda:"Berpesan-pesan baiklah kamu kepada perempuan, karena wanita itu terjadi dari tulang rusuk yang bengkok, maka kalau kau paksa meluruskannya dengan kekerasan pasti patah,dan jika kau biarkan tentu akan tetap bengkok, karena itu berpesan-pesan baiklah terhadap wanita itu."(Hr. Bukhari dan Muslim)


      Dalam Riwayat lain:"Wanita itu bagaikan tulang rusuk yang melengkung,jika kau paksa untuk meluruskannya berarti akan mematahkannya dan jika kau hanya mencari kepuasan dari padanya berarti mencari kepuasan dan tetap ia bengkok."

     Dalam Riwayat Lain:"Wanita itu terjadi dari tulang rusuk yang tidak dapat tetap pada suatu peraturan, maka kalau kau hanya bersuka-suka padanya, berarti bersuka-suka dalam bengkoknya, dan jika kau paksa meluruksannya berarti kau mematahkannya. Dan patah itu berarti cerainya, jadi harus berlaku bijaksana menghadapi wanita itu,supaya menjadi baik."




Bersambung,,Insya Allah...^_^

1 komentar: